Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Karim

Skyactiv Senjata Pamungkas Mazda Manyaingi Hibrida (Bag. 2)

Recommended Posts

Transmisi (Drive)

Untuk transmisi, Mazda berusaha menurunkan bobotnya. Caranya gerakan dipindahkan langsung. Pilihannya, Mazda untuk ini adalah “dual clutch” (kopling ganda), CVT dan menggunakan converter torque. Melalui, transmisi, Mazda mengklaim bisa mengirit 4-7 pesen konsumsi bahanbakar.  

 

quote_1.gif

 

“Dengan cara ini, udara yang mengalir di kolong mobil lebih lancar,” jelas Yoshito Iwauchi.

 

 

quote_1.gif

 

 

Bodi

Untuk mengurangi bobot pada rangka, strukturnya dioptimalkan. Mazda mengklaim, bisa menurunkan bobot bodi sampai 8 persen tanpa mengurangi kekokohannya.

 

Sasis

Komponen sasis juga dimanfaatkan untuk mengurangi bobot mobil. Untuk ini desainnya diubah, titik penyangga lengan belakang diperbaiki. Dengan tersebut,bobot sasis bisa dikurangi 14 persen.

 

Desain

Mazda juga berusaha membuat desain bodi atau eksterior makin aerodinamis. Caranya tidak hanya di depan, samping, atap dan belakang, permukaan kolong juga dibuat rata.

 

“Dengan cara ini, udara yang mengalir di kolong mobil lebih lancar,” jelas Yoshito Iwauchi. Bahkan, pada samping belakang CX-5 dibuat sirip yang berada di bawah spoiler belakang, yaitu sirip bumerang (boomerang fin). “Tujuannya untuk mencegah turbulensi udara. Termasuk lampu belakang yang agak menonol keluar dari permukaan bodi,” jelas Iwauchi. Karena itu pula, diklaim CX-5 cdnya hanya 0,33, terendah di kelasnya.

 

Sebenarnya, Mazda juga melakukan pengembangan lain untuk mengirit konsumsi bahan bakar. Namun belum digunakan pada CX-5, yaitu idling stop system dan regenerative braking. Namun Mazda sudah menggunakan pada beberapa produknya yang dipasarkan di Jepang. Tamat

 

 

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...