bot 0 Posted Jumat, jam 11:05 Jakarta, CNBC Indonesia - Media Group Network mengumumkan akuisisi perusahaan startup media anak muda Mediababy beserta foundernya yang masih berusia 18 tahun, Justin Jin. Meski nilai akuisisi tidak diungkapkan secara resmi, beberapa sumber menyebutkan Media Group membayar US$3,8 juta (sekitar Rp59 miliar) - dengan komposisi 75% tunai dan 25% saham - untuk mengakuisisi perusahaan media asal Kanada tersebut. Kesepakatan ini juga menyertakan pertimbangan tambahan senilai US$1,6 juta (sekitar Rp25 miliar) dalam bentuk tunai, yang akan dibayarkan jika memenuhi kriteria dan ambang pendapatan tertentu. Harga tersebut dinilai masuk akal mengingat Mediababy berhasil meraup pendapatan iklan sebesar US$1,54 juta pada tahun ini, sedikit lebih tinggi dibanding tahun 2023, dengan margin keuntungan sekitar 30%. Video-video Mediababy telah ditonton lebih dari 12,7 miliar kali sepanjang 2024. Media Group berencana mengintegrasikan perusahaan produksi media dan agensi pemasaran ini sebagai anak perusahaan terpisah. Mereka juga akan memanfaatkan teknologi analisis video berbasis algoritma yang dibangun Jin bersama timnya yang beranggotakan 70 orang di berbagai produk Media Group. Seorang sumber yang dekat dengan kesepakatan ini mengatakan, "Justin akan menjadi sosok yang tepat untuk ditampilkan di depan media dan konsumen, membuat Media Group terlihat sebagai perusahaan yang mendukung pengusaha dan pengalaman anak muda, yang pada gilirannya diharapkan akan menarik talenta-talenta serupa." Sebagai bagian dari kesepakatan, Jin hanya akan bertahan satu atau dua bulan di Media Group untuk membantu masa transisi. Dia akan tetap melanjutkan studinya di Babson College, Massachusetts, Amerika Serikat. Hampir semua karyawan Mediababy, yang sebagian adalah pemegang saham perusahaan, akan bergabung dengan Media Group. "Kesepakatan ini menguntungkan di banyak sisi," ujar sumber lain yang dekat dengan situasi tersebut. "Justin adalah founder yang akan membuat Media Group terlihat lebih modern." Langkah ini dipandang sebagai strategi Media Group untuk kembali relevan di mata konsumen, terutama dalam persaingannya dengan kompetitor seperti IDN.Jin sendiri dikenal sebagai sosok yang artikulatif dan memiliki kemampuan untuk memikat kalangan media dengan energi khas generasi yang lahir di era digital. Kehadirannya diharapkan dapat memperkuat posisi Media Group dalam menjangkau pasar anak muda, seperti dikutip Jumat (3/1/2025). (ayh/ayh) Saksikan video di bawah ini: Video: Siap-Siap! Aturan IPO & Listing di BEI Bakal Diperketat! Next Article Pengusaha 17 Tahun Asal Kanada Ini Ingin Caplok Media RI [1]References^ Next Article Pengusaha 17 Tahun Asal Kanada Ini Ingin Caplok Media RI (www.cnbcindonesia.com)Sumber Share this post Link to post Share on other sites