Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia
Masuk untuk mengikuti  
bot

BRI Siapkan Uang Tunai Rp24,6 Triliun Hadapi Periode Nataru 2025

Recommended Posts

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah mempersiapkan uang tunai sebesar Rp24,6 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama 8 hari di periode 25 Desember 2024 sampai 1 Januari 2024 (Nataru) tak lama lagi.

Senior Executive Vice President Operation BRI, Nyoman Sugiriyasa menyampaikan bahwa angka ini sedikit lebih kecil dibandingkan alokasi tahun lalu yang mencapai Rp25,2 triliun, sejalan dengan evaluasi kebutuhan serta penguatan transaksi digital.

Menurut Nyoman, angka itu telah diperhitungkan dan disesuaikan berdasarkan tren transaksi masyarakat yang semakin mengarah pada layanan digital, yang tercermin melalui penurunan transaksi tarik tunai di mesin ATM/CRM BRI sepanjang 2024 sebesar 10 persen secara year-on-yyear (YoY). Bersamaan, transaksi digital BRI meningkat drastis, seperti jumlah transaksi BRImo yang bertambah 39,8 persen yoy, transaksi QRIS BRI yang tumbuh 176 persen yoy, dan transaksi EDC merchant BRI yang meningkat 97,8 persen yoy.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami melihat peningkatan adopsi digital banking yang signifikan, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit menurun. Namun, kami tetap mengutamakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang memiliki tradisi libur natal," kata Nyoman.

Sementara, dari total alokasi uang tunai yang sudah disiapkan itu, sekitar 63 persen atau sekitar Rp15,6 triliun akan didistribusikan untuk mengisi mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia. Sisanya sebesar Rp9 triliun, akan dialokasikan untuk kebutuhan di kantor cabang, termasuk layanan kas keliling dan penyediaan uang tunai di daerah-daerah terpencil.

Hingga akhir September 2024 tercatat BRI memiliki lebih dari 721 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari 700ribu EDC, 12 ribu mesin ATM dan 9 ribu mesin CRM.

Lebih jauh, Nyoman menegaskan bahwa BRI akan memastikan layanan perbanka tunai maupun non-tunai tetap dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), yakni melalui BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur berteknologi terbaru guna menjamin kemudahan dan keamanan transaksi.

Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan lebih dari 1 juta AgenBRILink yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Nyoman mengakui, AgenBRILink merupakan ujung tombak BRI dalam menghadirkan layanan keuangan yang inklusif.

"Selama periode Nataru, kami memaksimalkan peran agen ini untuk melayani kebutuhan transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan, transfer antarbank, pembelian pulsa serta transaksi perbankan lainnya," ujar Nyoman.

Nyoman optimis, melalui pendekatan yang terencana dan komprehensif, BRI akan dapat memberikan pengalaman layanan perbankan yang optimal bagi masyarakat pada momen Nataru 2024/2025.

(rea/rir)

====
[1]

References

  1. ^ ==== (www.cnnindonesia.com)

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites
Masuk untuk mengikuti  

×
×
  • Create New...