Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia
Masuk untuk mengikuti  
bot

Riset: ShopeePay Jadi e-Wallet dengan Pertumbuhan Paling Pesat

Recommended Posts

Jakarta -

Transaksi elektronik dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau e-wallet semakin meningkat dalam dua tahun terakhir. Selain dianggap praktis, aman, dan cepat, e wallet juga menawarkan banyak keuntungan dan juga dianggap lebih aman karena sesuai dengan protokol kesehatan di kala pandemi COVID-19.

Dalam tiga bulan terakhir, e-wallet pun menjadi pilihan utama konsumen dalam melakukan pembayaran di gerai-gerai belanja online dan offline. Untuk mengetahui tren e-wallet tersebut, sebuah survei dilakukan oleh Snapcart selama 3 bulan terakhir (Juni, Juli, Agustus) yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan 1.000 orang responden terpilih.

Direktur Snapcart Indonesia, Astrid Williandry mengungkapkan sebagai salah satu pemain di tengah sederet penyedia fitur layanan keuangan elektronik, ShopeePay saat ini merupakan e-wallet yang memiliki laju pertumbuhan paling pesat dari awal tahun 2020 ini. Dalam survei tersebut menyebutkan ShopeePay merupakan e-wallet yang mengalami pertumbuhan paling pesat, jauh di atas e-wallet lainnya.

"Hal ini didukung oleh gencarnya strategi ShopeePay dalam menjangkau dan memperoleh konsumen baru, yang terlihat salah satunya melalui kelengkapan fitur dan menambah jangkauan merchant di seluruh Indonesia. Di satu sisi, integrasi ShopeePay dalam aplikasi Shopee yang sekarang sudah menjadi e-commerce terbesar di Indonesia pun mendukung keberhasilan ini," ungkap Astrid dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (24/8/2020).

Hasil survei juga menunjukkan dalam 3 bulan terakhir, ShopeePay menjadi brand aplikasi dompet digital dengan user atau pengguna terbesar (68%), disusul oleh OVO dan GoPay yang bersaing ketat di masing-masing 56%, serta Dana (42%), dan LinkAja (19%).

"Lima brand itu paling populer, karena mereka gencar melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan banyak merchant sehingga dikenal oleh konsumen," ujar Astrid.

Selain menjadi e-wallet dengan jumlah pengguna terbesar, ShopeePay juga tercatat memiliki pangsa pasar jumlah transaksi paling tinggi, yakni 32% dari total jumlah transaksi e-wallet di Indonesia. Bukan hanya itu, ShopeePay juga mencatatkan pangsa pasar total nilai transaksi terbesar, yakni 34% dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia.

"Dengan jaringan ratusan ribu merchant di seluruh Indonesia dalam berbagai kategori, dari makanan, minuman, fashion, ritel, logistik, hingga kegiatan sosial seperti donasi, membuat bisnis ShopeePay melaju pesat dan hadir di setiap lini kehidupan konsumen," tambah Astrid Williandry.

Banyak brand terkenal juga telah menjalin kerja sama dengan ShopeePay, di antaranya McDonald's, Burger King, Excelso, Kopi Kenangan, Alfamart, Superindo, Ramayana, dan lain-lain. Hal yang mendukung ShopeePay bisa melejit menjadi e-wallet dengan total jumlah transaksi terbesar tidak hanya karena jumlah pengguna yang paling banyak, melainkan juga tingginya frekuensi pemakaian ShopeePay, dibanding dengan pemain e-wallet lainnya.

Sementara itu, frekuensi transaksi bulanan ShopeePay di 9,1 kali per bulan. Tingginya frekuensi penggunaan ShopeePay juga menunjukkan kenyamanan para pengguna dalam menggunakan e-wallet ini. Pengalaman belanja online yang seamless dan menawarkan cara bertransaksi non-tunai secara aman, efektif, dan efisien membuat para pengguna ingin merekomendasikan ShopeePay. Hal ini tercermin dari hasil survei yang menunjukkan 33% responden pun lebih memilih ShopeePay sebagai merek e-wallet yang paling direkomendasikan

"Menurut kami, ShopeePay unggul karena sangat masif menawarkan berbagai layanan promo. Selain dapat digunakan untuk pembayaran online, ShopeePay juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran offline di gerai-gerai," tutur Astrid.

"Di sisi lain, metode pembayaran menggunakan e-wallet diyakini juga merupakan solusi aman bertransaksi di masa pandemi. Sehingga e-wallet ini yang paling disukai konsumen dan paling banyak digunakan karena multisolutif dan memudahkan," pungkasnya.

Simak Video "Begini Perilaku 'New Normal' Pengguna Shopee Imbas COVID-19"
[==]
(mul/ega)

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites
Masuk untuk mengikuti  

×
×
  • Create New...