Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia
Masuk untuk mengikuti  
bot

Sederet Fitur GrabMerchant yang Mudahkan UMKM Go Digital

Recommended Posts

Jakarta -

Grab hari ini meluncurkan platform all-in-one, GrabMerchant, buat UMKM yang ingin bisnis secara digital. Sederet fitur dihadirkan untuk mendigitalisasi operasional bisnis UMKM secara menyeluruh, menerima pembayaran digital, hingga mengoptimalkan bisnis online mereka.

Dalam keterangan resmi Grab, Kamis (11/6/2020), berikut ini sederet fitur utama dari GrabMerchant antara lain:

1. Pendaftaran Mandiri

GrabMerchantGrabMerchant Foto: Dok. Grab Indonesia

Para pelaku bisnis di sektor kuliner sekarang dapat mengunduh aplikasi GrabMerchant, mengikuti proses pendaftaran untuk membuka toko online mereka dan mulai berjualan di GrabFood paling cepat dalam jangka waktu 24 jam. Proses pendaftaran sepenuhnya dapat dilakukan secara digital dan merchant dapat melihat status pendaftaran mereka secara real-time melalui aplikasi GrabMerchant.

2. Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir untuk Keamanan Ekstra

GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Profil Pemilik akan memperoleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant. Mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan.

Profil Pengelola Toko membantu penggunanya untuk mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari, sementara Profil Kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan. Fitur Profil Pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif.

GrabMerchantGrabMerchant Foto: Dok. Grab Indonesia

3. Grosir

Dengan fitur Grosir, Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox. Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang 'satu hari sampai'/next-day delivery. Layanan ini tersedia untuk 100 ribu mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.

GrabMerchantGrabMerchant Foto: Dok. Grab Indonesia

4. Pemasaran

Fitur Marketing dalam aplikasi GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat Pengaturan Iklan, yang membantu bisnis untuk mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja dengan biaya hanya US$1 per hari untuk mendorong awareness pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka.

GrabMerchantGrabMerchant Foto: Dok. Grab Indonesia

Dengan fitur ini, mitra merchant GrabFood dapat membuat iklan banner dan iklan pencarian, memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan tersebut secara real-time melalui laporan yang mudah dipahami.

Selain itu, mitra merchant juga dapat berpartisipasi dalam rekomendasi kampanye yang dijalankan Grab dan menyusun skema promosi untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan perangkat 'Promo' yang tersedia dalam fitur Pemasaran.

5. Laporan Bisnis

Fitur ini memberikan UMKM gambaran tentang bisnis mereka dari sisi kinerja penjualan, efisiensi kegiatan operasional, kebiasaan belanja pelanggan mereka, dan efektivitas dari kampanye pemasaran yang dilakukan.

GrabMerchantGrabMerchant Foto: Dok. Grab Indonesia

Hal ini akan membantu mereka untuk mengatasi tantangan kegiatan operasional bisnis serta menemukan dan menangkap dengan cepat berbagai peluang bisnis baru, seperti membuat paket menu makanan berdasarkan apa yang sering dipesan oleh pelanggan.

Kini aplikasi GrabMerchant dapat diunduh di Google Play Store pada hari ini dan portal web akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang. Para mitra merchant yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood Merchant untuk menggunakan GrabMerchant.

(prf/fay)

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites
Masuk untuk mengikuti  

×
×
  • Create New...