Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Karim

Tech-Mazda Produsen Mobil Pertama Menggunakan Baja 1800 MPa

Recommended Posts

HIROSHIMA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corporation (MMC) mengaku akan menjadi produsen mobil pertama di dunia menggunakan baja ultra-tegangan tinggi. Baja tersebut diperoleh hasil kerjasama dengan Sumitomo Metal Industries, Ltd dan Aisin Takaoka Co.,Ltd. Tegangan baja tersebut mencapai 1.800 Mpa atau 1800 bar. Baja super kuat tersebut akan digunakan pertama kali pada SUV All-New Mazda CX-5 yang akan dipasarkan secara global awal tahun depan.

 

Lebih Ringan dan Kuat

Baja superkuat tersebut digunakan sebagai landasan atau tempat pemasangan bemper. Baja ini berada bagian dalam bemper depan dan belakang. Fungsinya mengurangi kerusakan bila terjadi tabrakan. Mazda mengklaim, tempat pemasangan bemper ini 20 persen lebih kuat dan 4,8 lebih ringan dibandingan versi sebelumnya.

 

Ditambahkan baja ini akan menjadi kunci utama untuk memperoleh bodi kendaraan yang makin kokoh namun ringan. Pasalnya, Mazda akan menggunakan baja ini pada produk generasi mendatang. Pengembangan struktur bodi yang merupakan bagian dari teknologi SKYACTIVE bertujuan untuk membuat mobil semakin ringan. Tujuan akhirnya adalah efisiensi penggunaan energi.

 

Penggunaan baja tegangan tinggi memungkinan komponen kendaraan dibuat lebih tipis namun kekuatannya tetap dapat dipertahankan. Pastinya bobot juga akan berkurang.  Faktor tidak hanya berhubungan dengan masalah energi, juga stabilitas dan kegesitan mobil.

 

Pasalnya, landasaran bemper berada pada bagian paling jauh (paling depan dan belakang) dari struktur bodi mobil. Hal ini sangat menentukan titik berat atau pusat gravitasi mobil. Di lain, baja yang kuat akan melindungi pengemudi dan penumpang mobil bila terjadi tabrakan. Karena itu, Mazda menilai sangat penting mengguanakn baja yang lebih kuat.

 

Kendati demikian, karena sifat lenturnya kurang – daya serap energi juga rendah – kurang bagus untuk menyerap energi bila terjadi tabrakan. Untuk mengatasi hal ini, Mazda mengaku sedang meriset landasan bemper yang bisa berubah bentuk bila bertabrakan. Selanjutnya, untuk memperoleh bemper yang cukup kuat pada CX-5, Mazda bekerjasama Futaba Kogyo Co. Ltd mengoptimalkan teknik mengelas dan proses pembuatannya.  

 

 

 

 

 

Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin | Settlement Statement | WordPress Tutorials

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...