Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

PASAR PRINTER: Mimaki Bidik Pangsa 30% Tahun Ini

Recommended Posts

JAKARTA--Mimaki, salah satu vendor printer format besar asal Jepang, menargetkan pangsa pasar mereka tumbuh 30% pada tahun ini.

 

Adapun pada 2011 ke 2012, pangsa pasar printer Mimaki sempat melonjak hingga tumbuh 78%.

 

Mimaki merupakan merek printer format besar yang telah didistribusikan di Indonesia sejak 2001. Meski demikian, baru pada November tahun lalu, Mimaki memiliki kantor perwakilan di Indonesia yakni PT Mimaki Indonesia.

 

Head Sales & Marketing PT Mimaki Indonesia Idrus Slamet menyebutkan pada tahun ini perusahaan tidak ingin menargetkan pertumbuhan pangsa pasar terlalu besar, karena ingin fokus mengedukasi konsumen terhadap penggunaan teknologi printer mereka.

 

Mimaki memiliki tiga segmen printer utama yakni untuk industri sign graphic, produk industri, dan tekstil. Printer sign graphic meliputi pencetakan grafis billboard, wallpaper, hingga stiker kendaraan.

 

Keseluruhan, Mimaki mempunyai sekitar 10 printer untuk desain grafis, lima hingga tujuh printer untuk produk industri, dan lima printer untuk tekstil.

 

Idrus memproyeksikan akan merilis sekitar lima printer untuk ketiga segmen pada tahun ini. Printer baru tahun ini adalah seri 500,

 

"Pada tahun ini Mimaki ingin lebih fokus pada printer format besar untuk tekstil. Namun, pasar ini, khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) masih perlu edukasi penggunaan teknologi. Oleh karena itu, kami belum ingin menargetkan pertumbuhan pangsa pasar yang tinggi," kata Idrus kepada Bisnis, Minggu (3/3).

 

Untuk penjualan, meski tidak menyebutkan total penjualan, Idrus menyebutkan terjadi peningkatan lebih dari dua kali lipat pada 2011 ke 2012. Adapun penjualan didominasi printer untuk industri desain grafis. Produk yang paling banyak terjual yakni CJV30.

 

Untuk mencapai target pangsa pasar, Idrus memaparkan perusahaan akan lebih fokus melayani kebutuhan konsumen, terutama layanan purna jual melalui pembukaan enam kantor cabang di enam kota, yakni Yogyakarta, Palembang, Denpasar, Makassar, Surabaya, dan Medan.

 

Nantinya, kata Idrus, selain sebagai penyedia teknisi untuk meningkatkan layanan purna jual, keenam kantor cabang ini juga akan digunakan sebagai tempat berbegai kegiatan bagi UKM daerah, terutama seminar-seminar yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi printer Mimaki.

 

"Investasi para UKM dan perusahaan untuk membangun bisnis mereka tidak sedikit. Oleh karena itu kami akan menyediakan tidak hanya jaminan kualitas produk tetapi juga layanan purna jual yang baik," tambah Idrus.

 

Lebih lanjut, Idrus menjelaskan penggunaan teknologi dan aplikasi pada printer format besar Mimaki akan memengaruhi kualitas hasil akhir produk UKM.

 

Selanjutnya, pada tahun berikutnya, Mimaki akan mendatangkan teknologi direct print dan printer tekstil untuk bahan katun. Adapun teknologi tersebut dapat mendukung industri tekstil Indonesia, khususnya untuk UKM yang memproduksi batik.

 

"Untuk batik, aplikasinya beda. Dukungan teknisnya juga berbeda. Saat ini printer tekstil kami masih mendukung bahan poliester," ungkap Idrus. (bas)(Foto:bridgat.com)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...