Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

Bisnis -> "Kami Tidak Berwenang Naikkan Tarif Air!"

Recommended Posts

JAKARTA - Operator pelayanan air bersih untuk wilayah barat DKI Jakarta, PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) menegaskan bila pihaknya tidak berwenang untuk menaikkan tarif air.

 

Hal tersebut disampaikan Corporate Communication Head PT Palyja, Meyritha Maryanie dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, di Jakarta, Sabtu (17/9/2011).

 

"Kami tidak berwenang untuk menaikkan tarif. Kami di Jakarta berbeda dengan PDAM lain di luar Jakarta mengenai wewenang untuk menaikkan tarif. Di DKI Jakarta yang berwenang untuk menaikkan tarif adalah Gubernur DKI Jakarta.  Hingga saat ini belum ada pembicaraan ke arah itu," tegasnya.

 

Dirinya pun kembali menegaskan bila hingga saat ini memang tidak ada wacana dari perusahaan yang melayani air bersih di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, sebagian Jakarta Pusat, dan sebagian Jakarta Utara ini untuk menaikkan tarif.

 

Berita ini mengklarifikasi berita sebelumnya yang mengatakan bila Palyja siap untuk menaikkan tarif air jika sudah ada keputusan dari pemerintah. "Kita pasti mengikuti (kenaikan), kalau memang sudah ditetapkan gubernur," ungkap Meyritha kala dihubungi.

 

Dijelaskannya, di DKI Jakarta sejak lama telah diberlakukan tarif air secara progresif, khususnya untuk pelanggan menengah ke atas, yaitu pemakaian hingga 10 meter kubik, 11 sampai dengan 20 meter kubik dan di atas 20 meter kubik.

 

Untuk pelanggan sosial diterapkan tarif flat yaitu Rp1.050 per meter kubik, sedangkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tarif pemakaian hingga 20 meter kubik Rp1.050 per meter kubik, dan di atas 20 meter kubik Rp1.575 per meter kubik.

 

"Dengan struktur tarif di atas, tidaklah mengherankan bila pemakaian air rata-rata MBR sangat tinggi per bulannya. Tercatat bahwa untuk pemakaian rata-rata pelanggan (domestik) Palyja sekira 19 meter kubik per bulan," jelasnya.

 

Akan tetapi, tambahnya, khusus untuk pelanggan MBR dan sosial rata-rata adalah 32 meter kubik. Pihaknya pun selalu menyosialisasikan dan menghimbau pelanggan khususnya untuk MBR untuk menghemat pemakaian air.

(ade)

 

 

 

 

 

Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin | Settlement Statement | WordPress Tutorials

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...